Saturday, March 2, 2013

Persiapan Pembelajaran Matematika

Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh para guru. Ternyata, tidak semua guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor,  sehingga kegiatan pembelajaran tidak dapat berlangsung dengan baik. Salah faktor penyebabnya adalah kurangnya persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Persiapan pembelajaran khususnya pembelajaran matematika menjadi hal yang sangat penting. Lalu, bagaimanakah cara mempersiapkan pembelajaran matematika ?

Persiapan pembelajaran matematika dapat dikelompokkan menjadi 2 kategori utama. Kategori-kategori ini adalah persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi :
  1. Kajian, penyesuaian, dan implementasi dari hakekat matematika sekolah.
  2. Kajian, penyesuaian, dan implementasi dari hakekat metode pembelajaran matematika.
  3. Kajian, penyesuaian, dan implementasi dari hakekat penilaian pembelajaran matematika.
  4. Kajian, penyesuaian, dan implementasi dari hakekat sumber belajar matematika.
Sedangkan, persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas, yaitu :
  1. Analsisi kurikulum yang meliputi standar isi, standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, pemetaan, indikator, strategi mengajar dan penilaian.
Pada akhirnya, persiapan khusus menghasilkan RPP atau Lesson Plan. Hal-hal yang perlu dikembangkan adalah struktur pembelajaran (pendahulan, kegiatan inti, dan penutup), skema pencapaian kompetensi (will, attitude, knowledge, skill, dan experience), skema interaksi (klasikal, kelompok dan individu), skema variaso metode (Induksi-Deduksi) dan skema variasi media dan sumber belajar. Baik persiapan umum maupun persiapan khusus pada umumnya dilakukan agar kegiatan pembelajaran mampu menggeser pandanangan lama yaitu pembelajaran yang terpusat pada guru menjadi kegiatan pembelajaran yang terpusat kepada siswa.

No comments:

Post a Comment