Lesson
Study merupakan suatu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Pendekatan ini dilakukan dengan
langkah-langkah utama yaitu perancangan pembelajaran untuk mencapai tujuan,
pelaksanaan pembelajaran, pengamatan pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi
pelaksanaan pembelajaran untuk penyempurnaan pembelajaran berikutnya.
Pelaksanaan Lesson Study berfokus
pada aktivitas siswa di dalam kelas. Aktifitas siswa diasumsikan sebagai sesuatu
yang terkait dengan aktifitas guru selama kegiatan pembelajaran di kelas.
Secara umum, tahapan-tahapan Lesson
Study meliputi tiga hal, yaitu plan, do, dan see. Ke tiga tahapan tersebut dijelaskan sebagai berikut :
1. Pertama-tama,
guru harus melakukan telaah kurikulum serta merumuskan tujuan pembelajaran dan
tujuan pengembangan siswa. Kemudian, langkah awal dari kegiatan Lesson Study
adalah perencanaan pembelajaran untuk mencapai tujuan dalam wujud perangkat pembelajaran. Kegiatan ini
dilakukan secara kolaboratif antara mahasiswa praktikan, dosen pembimbing lapangan, dan guru pamong.
2. Pelaksanaan dan pengamatan
pembelajaran (Do)
Langkah
ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas berdasarkan perangkat
pembelajaran yang telah dipersiapkan sebelumnya. Selain itu, pengamatan juga
dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran. Namun, yang menjadi objek pengamatan
bukanlah aktivitas mengajar yang dilakukan oleh guru tetapi fokus pengamatan
tertuju kepada perilaku siswa di kelas.
3. Refleksi Pembelajaran (See)
Kegiatan pembelajaran dan pengamatan sudah dilakukan maka selanjutnya adalah refleksi. Refleksi ini dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam aktivitas pengamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan pembelajaran yang telah dilakukan dan menyempurnakannya dan merencanakan kegiatan pembelajaran berikutnya. Dalam kegiatan refleksi ini, pembahasan tidak dimaksudkan untuk mengomentari aktivitas guru, melainkan lebih diarahkan pada hasil pengamatan terhadap perilaku siswa selama proses pembelajaran di kelas.
Kegiatan pembelajaran dan pengamatan sudah dilakukan maka selanjutnya adalah refleksi. Refleksi ini dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam aktivitas pengamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan pembelajaran yang telah dilakukan dan menyempurnakannya dan merencanakan kegiatan pembelajaran berikutnya. Dalam kegiatan refleksi ini, pembahasan tidak dimaksudkan untuk mengomentari aktivitas guru, melainkan lebih diarahkan pada hasil pengamatan terhadap perilaku siswa selama proses pembelajaran di kelas.
Hasil optimal dari pelaksanaan Lesson Study akan diperoleh jika ke tiga tahap diatas dilakukan secara utuh dan berkesinambungan. Melalui kegiatan lesson study ini kelemahan guru model pada setiap tahap pembelajaran yang dilaksanakan dapat diperbaiki dan disempurnakan. Untuk lebih memudahkan pemahaman, tahapan tersebut di atas diilustrasikan pada bagan berikut.
No comments:
Post a Comment