Sunday, March 3, 2013

Tahapan Lesson Study

Lesson Study merupakan suatu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Pendekatan ini dilakukan dengan langkah-langkah utama yaitu perancangan pembelajaran untuk mencapai tujuan, pelaksanaan pembelajaran, pengamatan pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi pelaksanaan pembelajaran untuk penyempurnaan pembelajaran berikutnya. Pelaksanaan Lesson Study berfokus pada aktivitas siswa di dalam kelas. Aktifitas siswa diasumsikan sebagai sesuatu yang terkait dengan aktifitas guru selama kegiatan pembelajaran di kelas.

Secara umum, tahapan-tahapan Lesson Study meliputi tiga hal, yaitu plan, do, dan see. Ke tiga tahapan tersebut dijelaskan sebagai berikut :


1. Pertama-tama, guru harus melakukan telaah kurikulum serta merumuskan tujuan pembelajaran dan tujuan pengembangan siswa. Kemudian, langkah awal dari kegiatan Lesson Study adalah perencanaan pembelajaran untuk mencapai tujuan dalam  wujud perangkat pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan secara kolaboratif antara mahasiswa praktikan, dosen  pembimbing lapangan, dan guru pamong.

2. Pelaksanaan dan pengamatan pembelajaran (Do)
Langkah ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas berdasarkan perangkat pembelajaran yang telah dipersiapkan sebelumnya. Selain itu, pengamatan juga dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran. Namun, yang menjadi objek pengamatan bukanlah aktivitas mengajar yang dilakukan oleh guru tetapi fokus pengamatan tertuju kepada perilaku siswa di kelas.


3. Refleksi Pembelajaran (See)
Kegiatan pembelajaran dan pengamatan sudah dilakukan maka selanjutnya adalah refleksi. Refleksi ini dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam aktivitas pengamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan pembelajaran yang telah dilakukan dan menyempurnakannya dan merencanakan kegiatan pembelajaran berikutnya. Dalam kegiatan refleksi ini, pembahasan tidak dimaksudkan untuk mengomentari aktivitas guru, melainkan lebih diarahkan pada hasil pengamatan terhadap perilaku siswa selama proses pembelajaran di kelas.

   
   Hasil optimal dari pelaksanaan Lesson Study akan diperoleh jika ke tiga tahap diatas dilakukan secara utuh dan berkesinambungan. Melalui kegiatan lesson study ini kelemahan guru model pada setiap tahap pembelajaran yang dilaksanakan dapat diperbaiki dan disempurnakan. Untuk lebih memudahkan pemahaman, tahapan tersebut di atas diilustrasikan pada bagan berikut.
 

No comments:

Post a Comment