Monday, February 25, 2013

Hakikat Matematika Sekolah


Di dalam kegiatan pembelajaran Matematika di sekolah, pembelajaran Matematika mempunyai beberapa karakteristik. Karakteristik inilah yang dijadikan pedoman bagi siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran matematika. Karakteristik-karakteristik itu adalah Matematika sebagai kegiatan penelusuran pola dan hubungan, Matematika sebagai kreatifitas yang memerlukan imajinasi, intuisi, dan penemuan, Matematika sebagai kegiatan pemecahan masalah, dan Matematika sebagai alat komunikasi.


   Matematika adalah kegiatan penulusuran pola dan hubungan. Siswa dan guru harus mengerti bahwa didalam kegiatan pembelajaran Matematika harus ada kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan Matematika. Siswa juga harus mempunyai kesempatan untuk melakukan percobaan Matematika dengan menggunakan berbagai macam cara. Sehingga, siswa diharapkan dapat menarik sebuah kesimpulan umum dari apa yang dilakukan.
       
   Matematika adalah kegiatan kreatif yang memerlukan imajinasi, intuisi, dan penemuan. Kegiatan kreatif disalurkan melalui penyelesaian masalah Matematika dengan cara beragam. Guru memberikan pemahaman kepada siswa bahwa setiap permasalahan Matematika tidak hanya dapat diselesaikan dengan satu cara namun dapat diselesaikan dengan berbagai macam cara. Hal ini akan membuat siswa berfikir dengan pemahamannya ketika mereka menghadapi permasalahan matematika.
   
  Matematika merupakan kegiatan pemecahan masalah. Lingkungan dimana pembelajaran Matematika dilaksanakan harus merangsang munculkan permasalahan. Permasalahan yang muncul tersebut dapat diselesaikan dengan mengumpulkan informasi-informasi lebih dahulu. Terkumpunlya informasi tersebut membantu siswa dalam proses pemecahan masalah dengan caranya sendiri. Kegiatan seperti ini menjadikan siswa dapat mengembangkan kemampuan dan ketrampilan untuk memecahkan masalah khususnya permasalahan Matematika.
     
 Matematika merupakan suatu alat komunikasi. Didalam kegiatan pembelajaran, guru harus berusaha untuk mengenali dan menjelaskan kepada siswa tentang sifat-sifat Matematika. Hal ini dilakukan dengan pembuatan contoh-contoh permasalahan Matematika sehingga akan membuat siswa mampu menciptakan permasalahan Matematikanya sendiri. Permasalahan tersebut akan mendorong siswa untuk saling berkomunikasi dengan siswa yang lain untuk memperoleh penyelesaiannya. Akhirnya, guru harus menyediakan wadah bagi siswa untuk saling berbagi kepada siswa lainnya tentang penyelesaian permasalahan Matematika yang diperolehnya.

1 comment:

  1. maaf gan ane izin kopi gambarnya di blog ane: http://www.trigonalworld.com/2013/04/pengertian-matematika-menurut-para-ahli.html

    ReplyDelete