Friday, March 1, 2013

Manfaat Lesson Study dalam Pembelajaran Matematika

Istilah "Lesson Study" mungkin masih terdengar asing di telinga orang pada umumnya. Namun, didalam dunia pendidikan, isitilah ini sangat terkenal. Lesson Study sendiri adalah sebuah pendekatan multilevel yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Lalu, Apakah manfaatnya dalam pembelajaran Matematika?

Jepang merupakan negara yang sudah mengembangkan "Lesson Study" sejak bertahun-tahun lamanya. Di Jepang, Lesson Study dikenal dengan istilah "Jugyo Sinkekyu". Berawal dari Jepang dan sekarang sudah tersebar keberbagai negara di dunia. Hal ini disebabkan karena peran Lesson Study dalam pembelajaran menjadi sangat penting khususnya dalam pembelajaran Matematika.

Lesson Study mempunyai unsur dasar kerjasama, baik itu kerjasama antar guru, kerjasama antara guru dan dosen, dan kerjasama antara instansi seperti sekolah, universitas, atau dinas pendidikan. Dengan unsur dasar ini maka Lesson study mempunyai beberapa manfaat :
  1. Membantu meningkatkan profesionalisme guru.
  2. Membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah khususnya Matematika.
  3. Membantu guru dalam mengembangkan potensi siswa.
  4. Membantu guru dalam melayani kebutuhan belajar siswa.
  5. Membantu guru dalam mengembangkan berbagai macam alat peraga.
  6. Membantu guru untuk belajar terbuka dan melakukan refleksi diri. 
Oleh karena itu, dari manfaat yang ada diatas, dapat dikatakan bahwa Lesson Study merupakan sebuah kegiatan perbaikan dari guru dan oleh guru. Peningkatan kualitas guru tentunya akan diikuti dengan peningkatan kualitas pembelajaran.

No comments:

Post a Comment