Monday, February 18, 2013

Pembelajaran Matematika Seperti Apa yang Kita Harapkan di SD?

Pembelajaran matematika merupakan suatu proses pembelajaran yang harus dilakukan dengan makna. Oleh karena itu, matematika harus dikaitkan dengan kehidupan nyata. Kehidupan yang sangat dekat dengan siswa dan menjadi suatu yang relevan. Pembelajaran  matematika juga merupakan kegiatan kemanusiaan. Pelajaran matematika harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk dibimbing dan menemukan kembali matematikanya dengan  cara melakukannya.

Adapun langkah-langkah pembelajaran matematika realistik adalah :
  1. Persiapan
    Pada tahap ini, guru harus  benar-benar memahami setiap masalah yang ada. Selain itu, masalah-masalah yang akan dibahas dengan siswa adalah  permasalahan yang kontekstual. Sehingga, siswa tidak merasa asing terhadap permasalahan itu.
  2. Pembukaan
    Pada tahap ini, guru memperkenalkan strategi belajar yang akan digunakan dan permasalahan yang diambil dari kehidupan nyata. Lalu, siswa diminta untuk memecahkan permasalahan itu dengan  menggunakan caranya  sendiri.
  3. Proses Pembelajaran
    Permasalahan yang diberikan kepada siswa akan dicoba untuk diselesaikan dengan cara-cara yang dimiliki tiap siswa berdasarkan  pengalamannya. Kemudian, siswa melakukan presentasi tentang hasil pekerjaannya didepan kelas baik secara individu ataupun kelompok. Guru memperhatikan dan memberikan cara yang baik untuk menyelesaikan permasalahan itu.
  4. Penutup
    Pada akhir pelajaran, akan disepakati tentang strategi yang paling baik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kemudian, guru mengajak siswa untuk menarik sebuah kesimpulan tentang pembelajaran itu. Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal evaluasi untuk mengukur kemampuan belajarnya.
Pembelajaran matematika yang diharapkan terjadi pada jenjang  sekolah  dasar adalah pembelajaran matematika yang dekat dengan lingkungan siswa. Sehingga, siswa mengenal matematika sebagai sesuatu yang bermakna dan berarti.

Sumber : powermathematics.blogspot.com

No comments:

Post a Comment