Pembelajaran matematika merupakan suatu proses pembelajaran yang harus dilakukan dengan makna. Oleh karena itu, matematika harus dikaitkan dengan kehidupan nyata. Kehidupan yang sangat dekat dengan siswa dan menjadi suatu yang relevan. Pembelajaran matematika juga merupakan kegiatan kemanusiaan. Pelajaran matematika harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk dibimbing dan menemukan kembali matematikanya dengan cara melakukannya.
- PersiapanPada tahap ini, guru harus benar-benar memahami setiap masalah yang ada. Selain itu, masalah-masalah yang akan dibahas dengan siswa adalah permasalahan yang kontekstual. Sehingga, siswa tidak merasa asing terhadap permasalahan itu.
- PembukaanPada tahap ini, guru memperkenalkan strategi belajar yang akan digunakan dan permasalahan yang diambil dari kehidupan nyata. Lalu, siswa diminta untuk memecahkan permasalahan itu dengan menggunakan caranya sendiri.
- Proses PembelajaranPermasalahan yang diberikan kepada siswa akan dicoba untuk diselesaikan dengan cara-cara yang dimiliki tiap siswa berdasarkan pengalamannya. Kemudian, siswa melakukan presentasi tentang hasil pekerjaannya didepan kelas baik secara individu ataupun kelompok. Guru memperhatikan dan memberikan cara yang baik untuk menyelesaikan permasalahan itu.
- Penutup Pada akhir pelajaran, akan disepakati tentang strategi yang paling baik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kemudian, guru mengajak siswa untuk menarik sebuah kesimpulan tentang pembelajaran itu. Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal evaluasi untuk mengukur kemampuan belajarnya.
Pembelajaran matematika yang diharapkan terjadi pada jenjang sekolah dasar adalah pembelajaran matematika yang dekat dengan lingkungan siswa. Sehingga, siswa mengenal matematika sebagai sesuatu yang bermakna dan berarti.
Sumber : powermathematics.blogspot.com
No comments:
Post a Comment